Sabtu, 01 November 2008

Tugaz Manajemen PR

MENGELOLA STAKEHOLDER
Suatu perusahan yang tumbuh dan berkembang di dalam suatu masyarakat akan selalu menghadapi tekanan, baik yang berasal dari luar perusahaan itu sendiri maupun dari dalam. Tugas PR dalam hal ini adalah membina hubungan yang baik dengan pihak-pihak tersebut melalui suatu proses komunikasi. Pihak-pihak tersebut adalah khalayak sasaran kegiatan PR, dan disebut Stakeholder.
Stakeholders adalah setiap kelompok yang berada di dalam maupun di luar perusahaan yang mempunyai peran dalam menentukan keberhasilan perusahaan. Stakeholder bisa berarti pula setiap orangyang mempertaruhkan hidupnya pada perusahaan. Stakeholders terdiri atas berbagai kelompok penekan (pressure group) yang mesti dipertimbangkan perusahaan. Kelompok penekan adalah yang berpengaruh di dalam mengkomposisikan organisasi.
Stakeholders dapat dikelompokkan menjadi 2 bagian, yaitu :
_ Stakeholders Internal
* Pemegang Saham
* Majemen dan top executive
* Karyawan
* Keluarga Karyawan
_ Stakeholders Eksternal
* Konsumen, Penyalur, Pemasok, Bank, Pers
* Pesaing
* KomunitasPemegang Saham
Pemegang saham atau pemilik perusahaan di kebanyakan negara yang baru mulai melakukan pembangunan industrinya ternayata mempunyai kekuasaan yang sangat besar. Hal ini disebabkan oleh karena masih mudanya usia perusahaan dan seluruh karyawan mengindentikkan pemilik sebagai pemimpin spiritual perusahaan.
Pada perusahaan muda relatif pekerjaan seorang praktisi PR cukup rumit. Hal ini disebabkan oleh :
# Rasa percaya diri yang berlebihan pada pemilik.
# Tak ada orang kedua di dalam perusahaan yang berani ataupun mampu mengoreksitindakan/opini pemilik.
# Keasyikan pemilik pada hal-hal di luar manajemen.
# Campur tangan anggota keluarga yang tidak mempunyai posisi formal dalam strukturorganisasi.
# Ketidak jelasan objective yang menjadi sasaran tugas seorang PR.
# Pemilik biasanya lebih percaya pada visi dan nalurinya dari pada perhitungan logis.
# Organisasi bersifat informaldan kekelurgaan.
Pada awal 1990-an ini, para praktisi PR perlu mencatat 2 istilah penting, yakni :
* Escalation Commitment : Kesalahan yang terus-menerus dibuat oleh pemilik karena iaberpegang teguh pada rasa percaya dirinya.
* Bounded Rationality : Kesalahan yang dilakukan oleh stakeholders karena adanya masalah yang kompleks yang dihadapi.
stevany Nuranti
41070373

Tidak ada komentar: